3 Kota dengan Kenaikan Harga Rumah Tertinggi

3 Kota dengan Kenaikan Harga Rumah Tertinggi

SHARE
, / 1001 0
3 Kota dengan Kenaikan Harga Rumah Tertinggi

Anda pasti pernah bertanya-tanya, Kota manakah di Indonesia ini yang mengalami kenaikan harga hunian paling tinggi sepanjang 2013?

Jika Anda menjawab: Jakarta, maka jawaban Anda salah. Karena jawabannya adalah; Surabaya, Manado, dan Makassar. Bahkan dalam triwulan pertama 2014, harga rumah di Makassar mengalami kenaikan harga paling tinggi di antara kota-kota lain di Indonesia.

Praktisi Properti Setyo Maharso memaparkan bahwa, kondasi tersebut terjadi secara wajar berdasarkan hukum permintaan dan penawaran di tiga kota tadi.

“Saya pikir ini cukup wajar sesuai dengan hukum permintaan dan penawaran. Di Makassar lahannya terbatas, tapi yang minta rumah banyak,” terang Setyo seperti dikutip detik finance.

Surabaya memiliki karakterisitik yang mirip dengan Jakarta sebagai kota metropolitan. Selain lahan yang terbatas, kota ini merupakan pusat bisnis, sehingga permintaan hunian semakin meningkat.

Tingginya permintaan properti di tiga kota tersebut tercermin dari kenaikan harga properti hingga 100% sejak 2005. “Kenaikan di Surabaya itu dari 2005 sudah 100% lebih. Kalau di Manado dan Makassar mendekati juga,” tambah Setyo.

Pemintaan hunian di tiga kota tersebut masih didominasi permintaan hunian jenis rumah tapak. Berdasarkan prosentasenya, harga paling tinggi terjadi di Manado sebanyak 22,96% dan Surabaya 20,24%.

Related Article

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10.info and freeapkdownloader.info is free download apk best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.