Gaji Kecil, Jangan Takut Cicil Rumah

Gaji Kecil, Jangan Takut Cicil Rumah

SHARE
, / 1032 0
Gaji Kecil, Jangan Takut Cicil Rumah

Setiap orang pasti mengidamkan memiliki rumah sendiri. Tidak bergantung kepada orang tua dan bebas mendekorasi rumah sesuai dengan keinginan dan gaya masing-masing.

Ketika berencana membeli rumah, tentu dibutuhkan pengorbanan yang tidak mudah. Bagi Anda yang berpenghasilan besar mungkin hal tidak menjadi persoalan yang serius. Tetapi bagi mereka yang berpenghasilan pas-pasan bisa jadi ini adalah pertaruhan hidup, terutama tentang besaran uang muka dan cicilan yang harus diangsur tiap bulannya.

Tapi kabar baiknya, mencicil rumah tidak harus mempunyai gaji yang besar. Bahkan jika Anda hanya berpenghasilan 2 juta perbulan Anda masih tetap bisa menyicil rumah idaman. Dengan asumsi, cicilan per bulannya harus kurang dari Rp 600 ribu per bulan.

Ini adalah perhitungan kasar saja dimana batas maksimum cicilan yang dapat Anda lakukan adalah sebesar 30 persen dari besarnya penghasilan yang Anda peroleh setiap bulannya. Jangka waktu pembayaran yang panjang (biasanya sekitar 15 tahun) juga bisa membuka peluang Anda menyesuaikan dengan besarnya cicilan yang Anda sanggupi.

Sebelum mengajukan KPR ada baiknya Anda melakukan beberapa ‘latihan’ terlebih dahulu. Misalnya menabung sebesar 600 ribu secara rutin untuk 4-5 bulan kedepan. Ini penting dilakukan untuk mengukur kemampuan Anda mengajukan KPR. Jika latihan ini bisa Anda lakukan tanpa kesulitan berarti, itu artinya Anda sudah siap untuk mencicil rumah.
Selain analisa kemampuan untuk mencicil KPR, ada pula yang perlu Anda perhatikan yaitu mengenai besaran dari uang muka atau DP yang biasanya juga dipersyaratkan oleh pihak bank.

Masyarakat atau calon debitur diwajibkan untuk menyiapkan uang muka atau down payment (DP) sebesar 30 persen dari harga rumah. Nah, bagaimana caranya jika masyarakat hanya mampu mencicil namun tidak bisa membayar uang muka?
Sebaiknya sebelum Anda mengajukan KPR pada bank, terlebih dahulu tanyakan pada pihak developer apakah ada kemudahan pembayaran DP dengan cara dicicil, sehingga bisa lebih leluasa mengatur cicilan yang diperlukan.

Atau apakah ada kemudahan pengumpulan DP yang juga di-bundling dengan program KPR dari bank yang bekerja sama dengan pengembang, sehingga Anda berkesempatan mengumpulkan DP terlebih dahulu dengan harga dasar rumah yang sama (tidak naik) ketika nanti akan akad kredit.

Well, tak perlu takut membeli rumah meski gaji kecil.

Related Article

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10.info and freeapkdownloader.info is free download apk best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.