Indonesia Jarang Miliki Arsitek Bersertifikasi

Indonesia Jarang Miliki Arsitek Bersertifikasi

SHARE
, / 850 0
Indonesia Jarang Miliki Arsitek Bersertifikasi

Tidak hanya harus jago menggambar dan mendesain rumah atau gedung-gedung, seorang arsitek profesional harus mengantongi sertifikasi, karena arsitek bukanlah sebagai pekerjaan melainkan sebagai profesi.

Setidaknya itulah yang disampaikan Ketua IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) Stevanus J Manahampi di sela-sela event Design Week di Jakarta Convention Center beberapa hari yang lalu.

Steve mengatakan bahwa sertifikat itu penting bagi seorang arsitek. Seorang arsitek haruslah memiliki lisensi, teregistrasi dan tersertifikasi.

“Di luar sana banyak yang mengaku dirinya arsitek handal, profesional dan jago membangun rumah. Tapi tidak sedikit pula yang salah dalam mendesain rumah dan malah membahayakan penghuni rumah nantinya,” terang Steve.
Steve menambahkan bahwa hingga saat ini dari 15.000 anggota IAI, arsitek yang tersertifikasi hanya sekitar 3.000-4.000 saja. Sedangkan khusus di wilayah Jakarta hanya 1.500 orang saja.

Lebih lanjut Steve menegaskan bahwa pihaknya saat ini masih menunggu terealisasinya Undang-undang arsitek agar profesi arsitek kedepannya dapat perlindungan hukum.

“Saya pikir tidak ada yang bisa menjamin seberapa aman bangunan yang didesain benar-benar bisa memenuhi standar keamanan, kelayakan dan kesehatan calon penghuni rumah. Untuk itulah Undang-undang arsitek sangat diperlukan,” tegas Steve.

Berbagai workshop dan seminar terus ditingkatkan baik dalam skala lokal dan nasional untuk terus meningkatkan wawasan dan pengetahuan arsitek-arsitek Indonesia.

Dengan langkah ini diharapkan arsitek-arsitek Indonesia memiliki lebih banyak ilmu dan pengalaman agar bisa diakui mancanegara sehingga para pengembang tidak melulu menggunakan jasa arsitek asing.

Related Article

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10.info and freeapkdownloader.info is free download apk best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.