Teknik Ekspos, Hadirkan Kesan Pedesaan di Rumah Anda

Teknik Ekspos, Hadirkan Kesan Pedesaan di Rumah Anda

SHARE
, / 1093 0
Teknik Ekspos, Hadirkan Kesan Pedesaan di Rumah Anda

Teknik ekspos merupakan teknik yang biasa digunakan masyarakat perkotaan untuk menghadirkan kesan pedesaan dalam rumah modern mereka.

Batu bata adalah salah satu material utama yang kerap digunakan dalam teknik ekspos. Dalam teknik ekspos, batu bata tidak ditutupi dengan semen dan pasir. Sehingga, batu bata akan tampil sesuai dengan karakter aslinya yang alami dan eksotis.

Bata dan material khusus untuk teknik ekspos biasanya diberi keterangan “ekspose” untuk menunjukkan bahwa material tersebut tidak ditutupi dengan bahan lain seperti acian plester, batuan dan lain-lain.

Tidak hanya diaplikasikan pada dinding rumah, teknik ekspos ini juga bisa diterapkan pada pagar dan kolom pengganti cor beton seperti bangunan pada zaman Belanda.

Meski terkesan rumit, penerapan teknik ekspos ini terbilang mudah, hampir sama dengan pembuatan dinding bata biasa. Tapi, campuran adukan antar batanya harus dibuat serapi mungkin agar bata ekspos lebih indah dipandang.

Batu bata yang digunakan pun adalah batu bata khusus ekspos, karena batu bata jenis ini lebih kuat dan presisi dibanding batu bata biasa. Semakin presisi bata dan keras, maka akan semakin baik dijadikan bata ekspos. Tak heran jika harga yang ditawarkan pun relatif lebih mahal. Meski lebih mahal dari bata biasa, tetapi kualitas bata ekspos jauh lebih baik dan awet.

Selain itu, tidak semua tukang bangunan bisa mengerjakan teknik ekspos ini karena ini merupakan pekerjaan seni. Material yang terlalu tebal atau tidak beraturan malah akan membuat rumah terkesan kumuh.

Jadi, pilihlah tukang bangunan yang berpengalaman menggunakan teknik ekspos untuk keindahan rumah Anda.

Related Article

Bugar.Me sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.