Tips Bagi Anda yang Berniat Beli Rumah Siap Huni

Tips Bagi Anda yang Berniat Beli Rumah Siap Huni

SHARE
, / 938 0
Tips Bagi Anda yang Berniat Beli Rumah Siap Huni

Rumah adalah istana kita. Oleh sebab itulah, beberapa orang rela mendesain rumah mereka dengan menyewa arsitek ternama. Namun, beberapa orang yang terkendala dengan budget dan tidak mau repot dengan urusan pembangunan rumah, mereka lebih memilih untuk membeli rumah bekas.

Namun, bukan berarti persoalan beres setelah melakukan pembayaran. Anda juga masih perlu mengurusi kelengkapan surat dan lain sebagainya. Itulah sebabnya, bagi Anda yang berniat untuk membeli rumah jadi (bekas), maka perhatikan tips-tips berikut.

  1. Pilih Broker/ Perantara yang Terpercaya

Jika memang Anda harus membeli rumah melalui jasa perantara, maka usahakan Anda sudah kenal terlebih dahulu orangnya. Sebagai alternatif lainnya, mintalah referensi broker properti dari saudara atau relasi Anda. Jika memang tidak ada, sebaiknya gunakan jasa broker properti terkenal, yang mempunyai kredibilitas yang baik.

 

  1. Tanyakan Usia Bangunan Rumah

Saat Anda melihat rumah yang hendak dibeli, maka Anda tentunya memiliki gambaran tentang usia rumah tersebut. Sebelumnya, Anda perlu mengklasifikasi usia bangunan rumah. Umumnya, rumah baru berusia kurang dari 10 tahun. Sedang, jika rumah tersebut berusia 10-20 tahun. Terakhir adalah rumah tua, yang berusia lebih dari 20 tahun. Tentunya, melalui klasifikasi tersebut Anda bisa menggambarkan tentang kondisi rumah tersebut. Semakin tua rumah yang hendak dibeli, maka semakin besar pula Anda menganggarkan biaya untuk renovasi.

 

  1. Periksa Kondisi Rumah

Periksalah secara detail kondisi fisik rumah pada setiap bagian hingga mendetail. Ada baiknya, jika Anda berniat untuk membeli rumah, maka ajak kerabat Anda yang paham dengan dunia properti. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan di antaranya seperti, dinding, kualitas lantai, kayu-kayu yang barang kali sudah dimakan usia, bawah struktur atap, kondisi jaringan listrik, kualitas air, dan kondisi ruangan yang lembab atau kering.

 

  1. Lihat Kondisi Lingkungan Rumah

Dapatkan informasi tentang kondisi lingkungan sekitar rumah, terutama jika rumah tersebut hendak ditempati bersama dengan keluarga Anda. Pastikan lokasi rumah tersebut mudah diakses, aman, dekat dengan pusat kota, dan bukan termasuk daerah yang rawan banjir. Meski terlihat sepele, namun hal itu sangat penting guna kenyamanan seseorang yang tinggal di rumah.

 

  1. Cek Dokumen Kelengkapan

Hal ini sangat penting. Anda perlu untuk memeriksa keaslian sertifikat rumah, sertifikat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan lakukan kroscek kepada instansi terkait. Jika nama yang tertera di sertifikat tidak sama dengan nama si penjual rumah, maka tanyakan status hubungannya. Jika Anda tidak mau mengambil risiko terhadap urusan ini, maka ada baiknya jika Anda minta tolong kepada kerabat Anda yang berprofesi sebagai notaris, agar nantinya tak ada pelanggaran perdata dalam urusan jual beli rumah tersebut.

 

  1. Cek Harga

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah, maka Anda perlu mencari informasi sebanyak mungkin tentang harga pasaran tanah dan rumah di sekitar lokasi rumah tersebut. Sehingga, Anda bisa melakukan penawaran dalam kisaran harga yang sewajarnya.

Related Article

sumber informasi dapat dilihat di peduli sehat ya.

mobiles10.info and freeapkdownloader.info is free download apk best android apps and top games. APKBOX.ME | APKINSIDER.INFO | APKID.INFO | APKMAIN.INFO.